Menulis Novel Berlatar Australia? Kenapa Takut! Tantangan Baru Menghampirimu.

WeWeDogom.COM -- Apa yang kamu ketahui bila sedang membicarakan Australia? Negeri para binatang berkantung seperti kangguru, atau hewan imut yang hobi bermalas-malasan seperti koala? Hei, bagaimana bila kita membahas negeri kangguru ini di sini.

Australia merupakan negara sekaligus benua yang berada di selatan dunia. Bila kamu melihatnya di dalam peta, kamu akan menemukannya di bawah Indonesia. Yap, Australia merupakan negera tetangga dari negeri kita yang sangat kita cintai ini.

Dalam Artikel ini, akan membahas;
  • 〷 Australia
  • 〷 Karya-Karya Novel Berlatar Belakang Kota Australia
  • 〷 Kota-Kota di Australia rekomendasi sebagai latar belakang.

Banyak cerita, kisah dan keunikan dari Australia. Bahkan beberapa orang tekenal di Indonesia, banyak yang menempuh pendidikan di sana. Sebut saja, Raditya Dhika, yang juga menulis novel tentang kesehariannya di Australia, semasa kuliah.

Novel itu, diberi judul ... Kambing Jantan

Menyikapi keberhasilan Raditya Dhika menulis novel berlatarbelakang kota Adelaide, menemani daftar-daftar novel yang berlatarbelakang kota-kota besar di Australia.

Menanggapi bahwa masih sedikit novel remaja atau novel hiburan yang berlatarbelakang Australia, memungkinan kamu sebagai penulis mendapatkan peluang besar berhasil memasarkan novelmu ke khalayak umum bila mengangkat latarbelakang kota-kota modern di Australia.

Kebanyakan novel masih berlatar Eropa, Amerika dan negara Asia Timur. Berikut ini, ada 3 novel yang berhasil menceritakan keindahan kota-kota besar di Australia. Semoga saja, tiga contoh di bawah ini dapat menginspirasimu.

1. Kambing Jantan - Kota Adelaide.

Yap, pertama ada novel karya Raditya Dhika yang menceritakan kesehariannya menempuh pendidikan di kota Adelaide, Australia dan ditemani kisah-kisah lain yang absurd nan bodoh namun nyaman dibaca apalagi unsur komedi di novel tersebut berhasil membuat gelak tawa pembacanya.

"Adelaide aerial view" by fairyduff is licensed under CC PDM 1.0 


2. Priosoner of Ur Heart - Kota Sydney.

Masih berlatar pendidikan, karya tulis Irin Sintriana menceritakan seorang perempuan bernama Elaine yang melanjutkan pendidikan di Sydney dengan satu syarat, yakni harus dikawal oleh Febian, anak dari teman orangtuanya Elaine.

Sebagai seseorang yang pertama kali ditemui di Australia, Elaine merasakan risih sebab harus ditemani Febian dalam aktivitasnya di Sydney. Namun, apalah daya, atmosfir Sydney mampu mempererat hubungan Elaine dengan Febian.

Priosoner of Ur Heart menjadi novel romance paling sweet berlatarbelakang Australia.

"Sydney" by Amen-Ra is licensed under CC BY-NC-SA 2.0 

3. Melbourne - Kota Melbourne.

Menceritakan masa lalu, kehilangan dan cinta yang berjuang kembali. Max dan Laura merupakan sepasang kekasih yang berpisah selama 5 tahun, kemudian mereka bertemu lagi di kota yang mempertemukan mereka, Melbourne.

Alunan musik dan segala tindakan Max mencoba mendekat kembali dengan Laura, membuat siapa pun yakin bahwa 'ada kesempatan bagi seseorang menceritakan kisahnya kembali', sebab ... setiap tempat mempunyai cerita.

"Melbourne dusk" by RedMGB is licensed under CC BY-NC-SA 2.0 

Keindahan Australia mampu menjadi latarbelakang di setiap romantisnya novel-novel yang kamu tulis. Jadi, bagaimana bila mencoba tantangan baru?

Kenapa harus terus terpaku dengan pesona Korea atau Jepang. Bila Australia bisa memberikan latarbelakang kota modern, yang masih jarang diangkat menjadi latarbelakang atau setting.

Berikut ini, ada daftar-daftar kota rekomendasi yang dapat dijadikan acuan latarbelakang di novelmu, beserta spot-spot menarik yang ada di setiap kotanya.

1. Brisbane - Ibukota Negara Bagian Queensland. 

Memiliki iklim sub-tropis, yang mana akan ada musim panas yang menyenangkan dan musim dingin yang mengasyikan. Saat musim panas, akan ada banyak halilintar dan badai yang akan menghampirimu. 

Brisbane merupakan kota yang dihuni oleh banyak imigran, kebanyakan merupakan warga negera Asia Timur, Tenggara dan beberapa orang Afrika. 

Destinasi favorit yang berada di Brisbane adalah Mt. Coot Tha. Sebuah dataran paling tinggi di kota Brisbane, yang mana kamu bisa melihat keindahan kota dari pemandangan tertinggi. Di sini, ada banyak cafe dan restoran romantis. 

Spot menarik untuk menikmati senja di kota Brisbane, menjadikan Mt. Coot Tha sebagai tempat paling romantis saat menikmat senja dengan latarbelakang kota Brisbane. 

Di bawahnya, di dekat tepi sungai. Ada Brisbane Rivyer Floating Walkaway yang menjadi tempat menikmati besarnya sungai di Brisbane. 

Menuju ke tengah, ada City Botanic Garden yang cocok untuk scene berjalan atau bersepeda dengan latar belakang bunga dan sejarah. 

Lalu, ada Lone Pine Koala Sanctuary. Pusat penangkaran koala terbesar di Australia. Total ada 130 jenis Koala dan binatang khas Australia lainnya di sini. 

"Channel 7 Wheel at Brisbane Southbank-2=" by Sheba_Also 43,000 photos is licensed under CC BY-SA 2.0

Terakhir, ada kincir raksasa besar yang diberinama Wheel of Brisbane. Scene-scene ciamik paling romantis selalu ada di kincir raksasa. Seperti di kota London, Singapur dan lainnya. Mungkin, kamu bisa memberikan moment pendekatan ketika karaktermu menaiki Wheel of Brisbane ini. Waw, that's super romantic!

2. Perth - Ibukota Negara Bagian Australia Barat.

Kota Perth tergolong kota metropolitan di Australia. Di sini, ada pelabuhan sebagai pusat bisnis, transportasi lain seperti kereta api dan kapal-kapal yang melintasi sungai. Karena, kota ini dibelah oleh sungai Swan.

Tempat pertama yang harus kamu ceritakan di novelmu ketika berlatarbelakang Perth adalah Elizabeth Quay. Kawasan ini merupakan kawasan paling rapi di Perth bahkan dunia, Elizabeth Quay dengan sungai Swan membuat Perth dicap sebagai kota siap huni paling terbaik di dunia.

Setelah itu, jangan lupa pula ceritakan taman kota terbesar di dunia Kings Park! di sini ada banyak atraksi, makanan, cafe, spot foto dan jembatan melayang di atas pohon yang menampilkan keindahan kota Perth dengan Western Australian Botanic Garden. 

Jembatan itu disebut Walkway Bridge yang dibuka pada pukul sembilan pagi waktu setempat hingga pukul lima sore waktu setempat. 

"Lipno Treetop Walkway" by radim77 is licensed under CC BY-SA 2.0 
Kemudian, di Perth pada hari Jumat pukul empat sore waktu setempat. Akan ada pasar makanan terbesar di Perth yang mana di sini menjual segala jenis makanan di dunia! Semua makanan berkumpul di jantung kota.

Eits, tenang saja. Karakter novelmu bisa mencicipi makanan halal kok di sini, karena ada penjual yang berasal dari Turki, Malaysia, Maroko dan lainnya.

Pasar itu dinamai Twilight Hawkers Market

Berbicara soal halal, ada penyedia tour yang menjadi pelopor tour halal di Indonesia. Cheria Travel : Wisata Halal di Australia. Jadi, jangan sampai keseruan Twilight Hawkers Market terlewatkan karena takut dengan makanan yang tidak halal. Karena Cheria Travel, akan merekomendasikan makanan yang cocok.

3. Canberra - Ibukota Negara Australia.

Siapa di antara kamu yang masih mengira bahwa ibukota negara Australia adalah Sydney? Ya, itu benar apabila kamu menebaknya pada tahun 1908 atau bisa saja salah karena lawan dari Sydney adalah Melbourne.

Canberra bisa kamu gunakan sebagai tempat bertemu antara kedua karaktermu. Karena secara etimologi bahasa setempat, Canberra memiliki makna 'tempat bertemu'. Ya, kota ini berada di antara kota Sydney dan Melbourne. 

Canberra memiliki empat musim yang berganti sepanjang tahun. Jadi, bila kamu ingin menceritakan aroma bunga pada saat musim semi atau aroma daun saat musim gugur serta indahnya salju pertama di kota Canberra, bisa kam ceritakan di sini. 

"The Australian War Memorial, Canberra, AU" by Jim 03 is licensed under CC BY-NC-SA 2.0 


Di kota ini, banyak banget bangunan dan tempat nasional yang menceritakan kemegahan kota Canberra. Seperti; 

  • Australian Institute of Sport 
  • Canberra Deep Space Communication Complex
  • Australian National Botanic Gardens
  • Cockington Green
  • National Gallery of Australia
  • National Museum of Australia
  • Questacon - National Science and Technology Centre
  • Australian War Memorial
  • Parliement House
Tempat-tempat di atas, cocok banget sebagai penguat minat karakter yang kamu tulis, karena ada bagian sejarah, seni, sains dan teknologi, pemerintahan dan polituk, olahraga dan botania. 

Selain itu, kota ini dijuluki sebagai kota festival karena hampir sepanjang tahun selalu ada festival yang diadakan di kota Canberra. 

Penutup

Nah, itu tadi beberapa kota yang telah dijadikan sebagai latarbelakang novel dan kota-kota yang cocok banget dikisahkan ke dalam novel yang akan kamu buat. 

Mengingat mainstream-nya kota-kota di Korea dan Jepang yang dijadikan latar belakang dalam novel, mungkin kamu bisa menceritakan kota metropolitan penuh kemegahan dan keindahan di Australia sebagai alternatif dan tampilan baru yang berbeda dari yang lainnya. 

Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019

Yap, aku mengucapkan banyak terima kasih kepada Cheria Halal Travel yang telah memberikanku kesempatan untuk dapat menceritakan keindahan kota-kota di Australia.

Sebagai penutup, akhir kata kuucapkan terima kasih.

Semangat menulis! Teruslah menulis.

Sampai jumpa di Australia~

#CheriaAustralia #WisataHalalAustralia

Disusun oleh : Rayan Abdi Nugraha
Ⓒ WeWeDogom.COM
Ⓡ Evando TM
Tag on : Cheria-Travel.com

Komentar, Kritik dan Saran dari kalian adalah semangat untuk kami.

Klik di sini