Film-Film Tahun 2019 Indonesia Adaptasi Novel & Karya Wattpad.

www.WeWeDogom.com -- Dunia industri perfilman Indonesia, mulai mendapatkan banyak panggung beberapa tahun belakangan ini. Film-film besutan Novelis bahkan Sineas handal pun turut ambil peran meramaikan layar bioskop tanah air.

Sebut saja Raditya Dhika yang sukses menayangkan Single-2 tahun 2019 ini, meskipun film tersebut tidak diadaptasi dari novel, namun film Single 2 banyak dinantikan para penikmat karya Raditya Dhika, khususnya peminat karakter viral; Mak Beti yang ikut meramaikan film tersebut.

Mak Beti / Arif Muhammad (kiri) bersama dengan Raditya Dhika (kanan).
Sumber : Hot Detik
Mendelik lebih dalam tentang Raditya Dhika yang awalnya merupakan seorang Komika dan Novelis. Belakangan ini, adaptasi novel ke layar lebar lebih gencar dilakukan. Bahkan jauh sebelum Raditya Dhika gamblang memamerkan karya tulisnya ke dalam bentuk layar perfilman tanah air.

Beberapa alasan yang sering menjadi acuan tentang 'mengapa novel sering diangkat menjadi film' adalah... 'Best Seller' atau karya tersebut memiliki naskah yang mengandung nilai-nilai kehidupan.
Menarik dibaca : 9 Tips Menulis ala Raditya Dhika
Menariknya, para penulis daring Wattpad juga mulai berkiprah meramaikan karya-karyanya ke dunia layar bioskop tanah air. Karya-karya tersebut dinilai cocok di-film-kan karena mengandung nilai-nilai kehidupan pun telah 'Best Seller'


Dalam Artikel ini, akan membahas;
  • 〷 Alasan Mengapa Novel bisa di-filmkan.
  • 〷 Daftar Karya Tulis Wattpad dan Novel yang dijadikan FIlm.

Dalam menentukan latar belakang; penulis Ari 'Kinoysan' Wu
Nah, mendapati alasan tersebut sering digunakan sebagai acuan tentang pengangkatan novel ke dalam dunia film. Berikut ini, novel-novel dan karya Wattpad yang diangkat menjadi film dan rilis di tahun 2019.

Matt & Mou : Kisah Romantika Persahabatan.


Matt and Mou menjadi pembuka di awal tahun ini. Film yang diadaptasi dari penulis Wattpad berinisial Wulanfadi.

Nah, menariknya. Film ini merupakan karya adaptasi dari novel ketiga Wulanfadi yang diangkat menjadi layar film setelah A : Aku, Benci & Cinta juga R : Raja, Ratu & Rahasia. 


Dibintangi oleh aktris muda, Prilly Latuconsina dan pacarnya Maxime Boutter, film ini menceritakan tentang sepasang sahabat yang sudah berteman sejak kecil, yang memiliki tolak belakang karakter satu sama lain. 

Diceritakan, Matt memiliki sifat yang dingin, cuek dan jutek sedangkan Mou memiliki sifat ceria dan heboh. Perlahan-lahan dalam kebersamaan mereka, timbul benih-benih perasaan satu sama lain.

AFTER MET YOU : Penulisnya, Memerankan Film.


After Met You menceritakan kisah luka batin yang tertinggal di tubuh anak remaja, Ari yang merupakan seorang DJ di sekolahnya ditantang oleh teman-temannya untuk bisa menemukan seorang pacar.

Yap, Ari menerimnya. Dia memilih seorang gadis introvet cerdas.

Perbedaan kepribadian itu mulai menarik-ulur alur yang semakin membuat pembacanya gemas. After Met You merupakan karya yang piawai memaparkan problematika anak remaja.
Baca juga : Cara Praktis Menciptakan Karakter yang Diminati Pembaca.
After Met You merupakan novel kedua karya Ari Irham, novel perdananya merupakan biografi tentang dirinya yang juga dibantu oleh orang lain. Di novel kedua ini, Ari Irham dibantu oleh penulis berbakat sekaligus penulis skenario film, Dwitasari.

ANTOLOGI RASA : Kabur dari Kenyataan itu Lebih Baik.


Suksesnya film Critical Eleven  yang diluncurkan 2017 lalu, membuat karya-karya Ika Natassa banyak dilirik oleh penggiat layar film. Kali ini, Antologi Rasa yang tersirat akan banyak makna, menampilkan kisah empat orang sahabat yang saling mencintai satu sama lain.

Menariknya, film adaptasi novel ini menampilkan satu premise yang sangat apik. Kabur dari kenyataan. Yap, benar... salah satu cara terbaik menyelesaikan masalah di dalam alur kisah ini adalah kabur dari kenyataan.

Tayang tepat di hari Valentine 2019, film Antologi Rasa memberikan kesan tersendiri. Khususnya quotes yang sering dipaparkan setiap karakter saat berkecamuk melawan rasa.

Ika Natassa sebagai penulis memang lihai meracik emosi di kisah Antologi Rasa ini. Didukung oleh kepiawaannya mengolah emosi di setiap akun Twitter karakter masing-masing yang memang sengaja dibuat agar penikmat karyanya dapat berinteraksi dengan karakter secara langsung.

Taktik yang hebat.

DILAN 1991 : Jangan Seperti Milea, Ntar Kamu Diabetes. Kebanyakan Menelan Janji Manis Dilan.




Sequel dari film sebelumnya, Dilan. karya penulis Pidi Baiq yang katanya novel ini merupakan kisah nyata dirinya dengan seseorang di luar sana. Ntahlah, jika pun he'eh. Pidi Baiq mantap memainkan kata, namun...

Baiklah, film Dilan 1991 menceritakan lanjutan kisah Milea dan Dilan yang resmi berpacaran. Dalam perjalanan pulang dari sekolah, di bawah guyuran hujan kota Bandung. Membuat seakan kota Bandung saat itu menjadi milik mereka berdua.

Masih menyisipkan gombalan yang agak membuat bulu kuduk di tubuh protes, namun sayangnya, gombalan seperti itu yang membuat film dan buku ini laris manis. Ntahlah, perspektif wanita akan pria seperti Dilan atau Iqbal Ramadhan ini membuatku sebagai seorang pria banyak-banyak ber-istigfhar.

Bumi Manusia : Drama Biografi Sejarah. 


Karya-karya Pramoedya Ananta Toer yang difavoritkan banyak orang sebelum generasi milenial ini, membawa warna berbeda di daftaran film-film yang tayang di tahun 2019.

Menampilkan latar tanah air di era Belanda, menyajikan petualangan Minke si pribumi yang bersekolah di sekolah kaum Belanda dan para priyayi. Diceritakan, Minke jatuh hati dengan seorang gadis cantik, Annalies

Konflik-konflik apik dipaparkan jelas menemani alur yang berjalan. Disajikan dalam paduan yang tepat, fun fact, film Bumi Manusia melakukan sedikit  improvisasi berbeda dari novelnya.

Iqbal Ramadhan terpilih menjadi pemeran Minke. Karakternya yang masih melekat sebagai Dilan terasa tak terlihat di sini. Adipati Dolken sebenarnya pernah berusaha mengambil peran ini, namun dia justru terpilih di film lain besutan yang sama.

Perburuan : Bertahan dalam Ketidakpastian.



Karya Pramoedya Ananta Toer satu ini menemani Bumi Manusia tayang di bioskop tanah air saat meramaikan suasana kemerdekaan Indonesia.

Adipati Dolken didampik sebagai pemeran utama, Hardo; yang sebelumnya digadang-gadang akan memerankan Minke di film sebelah.

Film satu ini menceritakan latar saat masa Jepang menguasai tanah air. Kekejaman Jepang banyak ditampilkan dalam novelnya. Pramoedya Ananta Toer menggambarkan tentara Nippon merupakan orang-orang yang gemar mengancam dan bertindak kasar.

Di novel ini, Jepang digambarkan menjadi sumber masalah dan ketakutan. Konflik-konflik terjadi sepanjang alur.

Sayang, film satu ini sepertinya gagal menampilkan kemegahan cerita di novelnya.

Danur 3 :  Selepas Menutup Mata Batin


Petualangan Risa dengan teman-teman tak kasat matanya, muncul kembali melanjutkan kisah-kisah Risa dalam seri Danur sebelumnya. Danur-3 menjadi film kedua Prilly Latuconsina yang tayang tahun ini.

Dikisahkan, Risa yang tumbuh dewasa dan ingin memulai kehidupan normal memilih menutup mata batin sehingga menghilangkan kemampuan melihat teman-teman tak kasat matanya itu.

Namun, ketika hujan deras tak kunjung usai. Risa kedatangan makhluk menyeramkan lainnya. Terlepas hilangnya kemampuan melihat makhluk tak kasat mata. Risa merasa terancam.

Danur-3 menemani dereta film horor yang tayang di tahun 2019. Namun, Danur Universe sepertinya lebih banyak memiliki peminat ketimbang film-film horor yang mencoba memulai debut.

Bila luar negeri memiliki Universe tersendiri yang menceritakan kisah nyata sepasang Ed dan Lourine Warren yang berpetualang di dunia supranatural. Indonesia memiliki hal yang sama, selain kisah ini nyata dialami oleh penulisnya; Risa Saraswati, Danur memiliki daya tarik tersendiri.

My Stupid Boss : Perjalanan ke Luar Negeri. 


My Stupid Boss menemani film tanah air yang memilih menayangkan lanjutan film sukses sebelumnya. Sebut saja Dilan dan Danur.

Masih menceritakan Diana yang harus sabar menghadapi Boss Man yang super ajaib! Kini mereka berpetualan mencari karyawan ke Vietnam sebab banyak karyawan yang mengundurkan diri dari pabrik Boss Man.

Film bergenre komedi adaptasi novel bertajuk dan bergenre yang sama karya Chaos@work ini benar-benar kisah nyata yang dialami si penulis.

Bila kebanyakan orang mengenal Raditya Dhika memulai debutnya dari menceritakan pengalaman kuliahnya ke dalam blog pribadi. Chaos@work justru melakukan hal yang sama.

Keluh kesahnya bekerja selama 14 tahun di perusahaan Boss Man yang diceritakan itu, dituangkan ke dalam Blog miliknya. Hingga pada akhirnya tanpa sadar membuat banyak orang bahkan tujuh penerbit tertarik pada karyanya itu.

Selepas suaminya meninggal--yang merupakan teman dekat Boss Man--Chaos@work berhenti menceritakan Boss Man sebab Boss Man banyak berkontribusi saat suaminya berpulang kala itu.

 MeloDylan : Enggak Mirip Dilan.


Yap, benar. Meskipun memiliki nama yang sama--beda ejaan saja. MeloDylan merupakan karya Wattpad karya Asriaci yang menceritakan seluk-beluk permasalahan anak remaja SMA.

Melody pindah sekolah karena dia menghindari masalah yang terjadi di dalam hidupnya, Melody memilik masa lalu yang buruk dengan David mantan kekasihnya. 

Tetapi di sekolah baru, masalah kembali muncul saat Melody mengenal Dylan cowok yang selama ini terkenal cool, suka bikin masalah namun tetap menjadi idola di sekolah barunya Melody karena kegantengannya--mirip Dilan, kagak?
Menarik dibaca : Tips Menulis Fiksi Lebih Kreatif
Kabar kedekatan Melody dan Dylan didengar oleh Bella gadis cantik yang selama ini dianggap paling dekat dengan Dylan. Kabar itu, juga membuat Bianca si biang onar sekolah menjadi kelabakan karena dia sendiri tak pernah bisa mendekati Dylan.

Secara pribadi, kisah ini ditulis Asriaci sebab dirinya 'enggak srek' dengan ending dari kisah yang dibacanya saat duduk di bangku kuliah. 


SIN : Jatuh Cinta Dengan Kakak Sendiri. 


Dua buku karya Faradita berjudul SIN dan INVALIDATE diangkat ke layar bioskop tanah air. Namun, SIN memulai debut terlebih dahulu ketimbang INVALIDATE yang sepertinya akan meluncur tahun depan. 

Alasan diangkatnya novel Wattpad ini menjadi film dikarenakan memiliki alur cerita yang kuat dan juga diminati oleh banyak orang.

Faradita sendiri sangat nikmat menyuguhkan dialog-dialog yang semakin membuat pembacanya berteriak, "Ya Allah!!"

Kisahnya sendiri menyuguhkan karakter yang sama seperti kebanyakan novel teen-lit. Seorang karakter yang menyebalkan ingin membuktikan kehebatannya ke salah seorang karakter yang kepribadiannya bertolak belakang.

Yap, kisah ini cukup nikmat untuk kalangan milenial.
Baca Juga : Menciptakan Protagonis yang Tidak Bercermin Dari Dirimu.

Bagian Akhir;

Beberapa karya Wattpad dan novel yang diangkat menjadi film pada tahun 2019 ini ternyata memiliki ciri khas, alasan dan makna kehidupuan yang membuatnya menjadi best seller.

Menurutmu... film mana yang rekomended ditonton dari karya-karya Wattpad yang diangkat menjadi film di atas? Tulis komentarmu di bawah ya.

Setelah mengetahui karya-karya yang diangkat menjadi film tersebut, dapat disimpulkan bahwa karya tulis yang memiliki nilai interistik yang kuat juga nilai-nilai kehidupan, merupakan karya yang pantas difilmkan.

Semoga, dengan artikel ini dapat membuatmu lebih termotivasi. Tidak hanya dibukukan, aku harap karyamu dapat meramaikan perfilman tanah air.

Akhir kata kuucapkan terima kasih.


Sponsored By : Bengkel & Dealer MDS Yamaha Alfa Scorpii - Flamboyan.
Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar-Riau
Ⓒ Evando TM 
Ⓡ WeWeDogom.com 
ઋ Alfin E. Libra

Komentar, Kritik dan Saran dari kalian adalah semangat untuk kami.

Klik di sini