Ketix, Platform Menulis Cerita Selain Wattpad yang Ngasih Kamu Royalti.


WeWeDogom.Com -- Kamu hobi menulis atau memiliki keterampilan meracik kata hingga menjadi seporsi cerita? Tepat banget nih, karena sebuah aplikasi yang memberikanmu kesempatan agar dapat mem-publikaskan cerita, baru saja diluncurkan 9 Juli 2019, kemarin.

Hebatnya lagi, startup yang bergerak di bidang literasi ini ngasih kamu loyalti seperti yang dipaparkan oleh Tendi Murti, selaku Co-Founder Ketix, 

“Lewat aplikasi Ketix, para penulis juga bisa menerbitkan e-book mereka sendiri, yang nantinya bisa dipublikasikan secara gratis, atau dijual ke publik dengan bagi hasil 80 persen royalti untuk penulis dan 20 persen untuk Ketix,” 

Dilatarbelakangi belum tingginya minat membaca masyarakat Indonesia, ditambah dengan tidak mudahnya penulis menerbitkan buku. Ketix mengajak para penulis agar produktif dengan sistem bagi hasil yang sangat menguntungkan bagi mereka, dibanding kalau menerbitkan buku fisik. 


Dengan mempermudah proses menulis dan menerbitkan buku, Indonesia akan makin punya banyak penulis, makin banyak orang yang belajar menulis, dan akhirnya semakin tinggi minat membaca masyarakat. 

Tidak hanya cerita, Ketix juga memiliki banyak ragam jenis tulisan. Jadi, di sini memang benar-benar rumah yang nyaman buat kamu yang hobi menulis & membaca.  

Ketix juga menyediakan template gambar sampul buku jika si penulis tidak memiliki kemampuan mendesain. Belum berhenti di situ saja, Ketix memiliki sistem rating dari pembaca sehingga penulis bisa langsung mendengarkan tanggapan pembaca tentang tulisannya.


Ketix menyediakan fitur 'follow' bagi penikmat cerita agar tahu buku terbaru dari penulis favoritnya. Di sini, juga ada mode membaca yang membuat mata nyaman saat membaca buku dalam keadaan minim cahaya. 

Ketix menawarkan fitur chat room bernama TixRoom, sehingga para pembaca dan penulis bisa saling berinteraksi atau bahkan berkomunikasi dengan penerbit. 

Bagi penulis pemula atau yang ingin belajar menulis buku, Ketix juga menyediakan kelas kepenulisan daring dengan mentor para penulis berpengalaman.


Dalam satu tahun ke depan, Ketix berharap bisa melahirkan banyak penulis muda. 

“Kami punya mimpi besar untuk melahirkan satu juta penulis muda, termasuk mereka yang berasal dari daerah terpencil. Penulis harus bisa menjadi profesi yang menghasilkan, bukan cuma sekedar hobi,” kata King Bagus, Founder Ketix dalam kesempatan yang sama.

Agar memotivasi para penulis, Ketix juga berencana membuat film pendek atau Tix Series dari buku terlaris yang dipublikasikan lewat aplikasi mereka.

Startup Ketix saat ini hadir lewat aplikasi mobile di Android Playstore. 



Ⓒ Evando TM 
Ⓡ WeWeDogom.com 
ઋ Rayan Abdi Nugraha
Sumber : Jawa Post