Plotter, Pantser & Plantser : 3 Tipe Penulis Wattpad


www.WeWeDogom.Com -- Hai penulis Wattpad, pernahkah kamu mendengar 'sebutan' yang tertulis di judul, sebelumnya? Plotter, Plantser dan Pantser.

Mungkin, selama ini kamu telah menentukan teknik menulismu, hanya saja tidak tahu istilah apa yang tepat untuk menamakan teknik tersebut.

Nah! Pas banget nih, karena kali ini aku akan membahas hal-hal yang akan memperkenalkanmu dengan ...

Tiga Tipe Penulis Wattpad dalam mempersiapkan plot, yang dilengkapi dengan deretan informasi tentang positif, negatif dari tipe tersebut, serta deretan gaya menulis dari tipe-tipe tersebut.

Tipe-tipe tersebut yakni; Plotter, Pantser dan Plantser.

Sederhananya, Plotter merupakan seorang penulis yang merencanakan novelnya sebelum menulisnya.

Sedangkan Pantser merupakan seseorang yang, “terbang dengan imajinasi liarnya,” yang berarti tipe penulis ini tidak merencanakan apa pun, atau hanya merencanakan secara sekilas saja.

Plantser merupakan gabungan dari kedua tipe yang sudah disebutkan di atas sebelumnya;

Plantser hanya mempersiapkan bagian awal dan telah menentukan bagaimana ceritanya berakhir.

Namun, saat menulis, penulis dengan tipe Plantser lebih sering membuat tulisannya tumbuh sendiri.

Bagaimana arah alurnya berkembang dan bagaimana karakternya bertindak, itu tidak pernah dipikirkan sama sekali.

Hal itulah mengapa disebut ‘Plant (/tanam)’ .

Namun, ada hal positif dan hal negatif dari setiap tipe-tipe tersebut;


PLOTTER

Seorang Plotter akan lebih terarah dan tahu arah tujuannya, sebab telah menyusun persiapan sebelum menulisnya.

Hal ini, membuat Plotter lebih mudah mengalahkan ‘writter block’ dan sudah mengimajinasikan gambaran kejadian serta rentetan pristiwa lebih awal.

Dengan mempersiapkan Outline atau Kerangka Cerita di awal, seorang Plotter biasanya akan lebih lancar menulis setiap adegan demi adegan.


Memang, akan membutuhkan waktu lebih lama di awal, sebab harus riset dan memikirkanya secara matang terlebih dahulu.

Sayangnnya, seorang Plotter menjadi terbatas sebab terpaku dengan hal yang sudah dirancang di awal.

Berarti, jika seorang Plotter ingin mengubah sesuatu di pertengahan. Plotter’s akan memikirkan dampak dari perubahan itu ke Outline yang sudah dirancang, sebelumnya.

PANTSER

Pantser lebih cocok disebut sebagai penulis ‘indie’, karena Pantser’s lebih bebas berkelana ke mana saja.

Penulis tipe ini tak ragu membawa novelnya ke arah yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Penulis bertipe Pantser lebih fleksibel, tidak suka terjebak di dalam aturan yang disebut garis besarOutline/Kerangka.

Bahkan Pantser tak segan membunuh karakternya langsung tanpa memikirkan resiko, dan kejutan akan terjadi setelah dampak dari pembunuhan tanpa pikir panjang tersebut dengan efek-efek yang diciptakan.

Baca Juga : Kerangka Cerita : Cara Mudah Menyusun Cerita.

Nah, kamu harus tahu juga. Sesuatu yang tidak direncanakan memang seru–khususnya acara pertemuan dengan rekan sekolah atau pun teman sepermainan.

Tapi, apa pun hal yang tidak direncanakan akan membuatnya lebih mudah terserang ‘writter block’.

Seorang Pantser harus berpikir lebih keras agar dapat keluar dari ‘writter block’, karena faktor-faktor seperti mood dan daya imajinasi .

Sering terjadi, seorang Pantser akan berani meninggalkan proyek tak terencana mereka karena gagal kabur dari zona writter block.


Nah, selepas membahas hal positif dan negatif dari kedua tipe penulis Wattpad dalam mempersiapkan plot--yang ketiga sengaja tidak aku tulis, karena tipe Plantser memiliki positif/negatif yang sama dengan tipe yang lain.

Berikut ...

Baca Juga : Disiplin Diri, Cara Konsisten Menulis.

Deretan Gaya Menulis dari Ketiga Tipe Penulis Wattpad Dalam Mempersiapkan Plot-nya.

Pantser yang 'Sah'.

Penulis bertipe Pantser yang sah, menulis semuanya secara teratur dan menggunakan metode 'flashlight'--sorotan cepat--agar sampai ke ujung cerita.

Penulis Pantser, akan mengakhiri ceritanya di tempat-tempat yang aneh karena tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Bahkan si penulis bertipe Pantser sengaja mengakhiri cerita karena mengganggap cerita itu telah berkakhir. Hal ini lah mengapa cerita tersebut berakhir di tempat yang aneh.

Tipe Pantser yang sah, tahu banyak tentang 'detail-detail' yang tidak dipedulikan orang lain, sebab umumnya penulis yang bertipe Pantser memang memiliki pengetahuan lebih, mangkanya mereka berani tidak meriset sesuatu.

Pantser yang 'Netral'.

Tipe penulis Wattpad Pantser yang netral, biasanya hanya menulis sesuatu yang penulis itu ketahui saja atau hal-hal baru yang baru saja datang ke kehidupan si penulis.

Penulis bertipe Pantser tidak takut dengan lompatan, si penulis sangat berani melompati alur tanpa penjelesan yang signifikan.

Juga, penulis Pantser bergaya netral akan sangat merasa bosan bila si penulis mengetahui akhir dari cerita yang disusun.

Sumber : Nickelodeon - Hey Arnold

Pantser yang 'Semrawut'.

Tidak ada yang salah dengan gaya menulis Pantser yang semrawut. Justru, tipe penulis bergaya semrawut sangat memiliki imajinasi yang luas dan tidak memiliki batasan apa pun--kecuali Writter Block.


Umumnya, gaya dari tipe penulis seperti ini, akan menulis lengkap tanpa rancangan dan tidak teratur. Penulis tak akan peduli dengan alur, semuanya akan ditulis sesuai aliran di dalam pikirannya.

Fiksi merupakan kegemeran penulis bertipe semrawut dan sangat suka menulis apa pun yang membuat si penulis bahagia, gembira dan berapi-api--si penulis justru akan berhenti ketika kebahagian dan kegembiran dari api-api yang membara itu padam.

Plotter yang 'Sah'.

Penulis Wattpader bertipe Plotter yang memiliki gaya berikut ini, memiliki detail karakter yang lengkap. Juga memiliki banyak lembaran Outline yang disusun, mulai dari latar khusus dan beberapa karakter yang menjadi pelengkap.

Seperti 'skenario' film, penulis bergaya Plotter Sah memiliki outline khusus yang membantu menyusun setiap adegan dan bagian.

Bahkan, sangking lengkapnya. Hal intim dan yang tidak pernah diperhatikan siapa pun; milik karakternya, juga ditulis.

Hal-hal detail yang dituliskan, memang tidak membuat alur berubah. Tapi, membuat karakter memiliki ciri khas tersendiri.

Sumber : Disney Pixar - Inside Out

Plotter yang 'Standar'.

Penulis satu ini, memang menulis Outline. Tapi, yang mereka susun sangat singkat, jelas dan padat. Bahkan, si penulis akan selalu merubah dan memperbaiki outline itu sesuai arah yang mereka pilih.

Penulis bergaya Netral dalam tipe Plotter, selalu memikirkan tentang biograpi si karakter.

Hal-hal istimewah akan sangat mereka sukai. Itu sebabnya, si penulis menganggap karakter adalah teman mereka, juga tak jarang si penulis membuat karakter yang memang datang dari teman di kehidupannya.

Agar mendapatkan 'hubungan' yang 'klop', si penulis biasanya memulai pendekatan dengan si karakter dari proses wawancara.

Plotter yang 'Kisruh'.

Biasanya, si penulis bertipe Plotter yang memiliki gaya kisruh akan menulis setiap adegan di dalam satu lembar kertas/kartu. Kemudian, merangkainya menggunakan urutan dari lembaran-lembaran yang disusun di awal.

Plotter's satu ini juga sering menulis sesuatu dari hal yang diucapkan olehnya atau orang lain tanpa rancangan atau aturan yang sesuai. Hal ini, membuat alur terhubung sesuai hal yang sudah dipikirkan.

Plotter's satu ini sangat suka dengan 'copy and paste', karena gampang terinspirasi dari hal-hal yang membuatnya antusias, kemudian memikirkan adegan demi adegan dari hal-hal yang menginspirasinya.

Plantser yang 'Sah'.

Penulis satu ini, sangat tahu bagaimana ceritanya berakhir. Si penulis sudah menentukan arah tujuannya dan membiarkan cerita itu mencari jalannya sendiri. 


Satu ini, sangat menyukai 'world building' dan menyukai 'charakter development' untuk membedakan karakter satu dengan yang lainnya. Tak jarang, si karakter pendukung lebih 'wah' ketimbang si karakter utama.

Plantser yang 'Biasa'.

Seperti hal biasa, si penulis bertipe Plantser yang 'biasa' saja akan memulainya dari menyusun Outline, melakukan riset dan sudah menentukan arah yang 'dikesan' tak terduga si pembaca. 

Plantser satu ini, sengaja membuat arah yang 'dikesan' tak terduga sebab si penulis lihai merangkai 'plot twist'. 

Intuisi si penulis lebih baik ketimbang Plotter dan Pantser. 

Plantser yang 'Widih Gila!' 

Terakhir, tipe penulis satu ini sangat-sangat memiliki ide gila, rancangan yang gila dan arah yang gila. Memiliki pengetahuan yang luas dan pemilihan diksi yang cekatan. 

Bahkan, si penulis berani memasukan ide lama dan beberapa catatan usang miliknya, ini tak masalah sebab dia benar-benar gila!  

Sumber : Natsume -- Jack 'Harvest Moon'.


Akhir Kata

Terima kasih atas antusiasmu terhadap artikel satu ini. Di bagian akhir, aku hendak mengajukan pertanyaan dan sekaligus mengucapkan terima kasih banyak kepadamu. 

Nah, jadi ... penulis bertipe apa dan memiliki gaya yang mana?

Tulis komentar kamu di bawah ya. 

Semangat menulis! Terus tetap menulis.

ⒸWeWeDogom.Com

ⓇEvandoTM
„Ą®Rayan Abdi Nugaraha