Tips Menculik : 13 Cara Menculik Pembaca di Wattpad ala Keynaa_Key


www.WeWeDogom.com -- Semua cerita di Wattpad sekarang bisa masuk ke Top 1000 dengan beragam tag; jika kamu ingin ceritamu berada di dalam daftar top itu, maka perlu diberi tag yang sesuai.

Cerita, digolongkan beradasarkan kombinasi faktor terkait, seperti; daya tarik cerita, relevansi dengan tag tersebut dan terakhir kali cerita itu diperbarui; jika cerita itu belum ditamatkan atau masih berjalan (serial).

Contoh;
Kalau kamu memberi ceritamu tag ‘fantasi’ atau ‘penyihir’, maka ceritamu mungkin dapat bertengger di rank #100 di tag ‘fantasi’, rank #9 di tag ‘penyihir’ dan sebagainya.

Wattpad menerapkan fitur ini agar dapat menampilkan lebih banyak keragaman cerita di Wattpad dan memberikan kesempatan agar ceritamu ditemukan pembaca.

Hal itu akan membuat ceritamu mendapatkan banyak rank di setiap tag yang hot story atau daftar panas.  

Nah, sebelumnya. Aku pernah menulis Tips Mendapatkan Pembaca di Wattpad, Walau Followers Masih Sedikit -- judulnya kepanjangan banget.

Mungkin kamu boleh mampir ke sana setelah membaca artikel ini atau baca yang itu dulu, baru lanjut yang ini.

Tips dari Keynaa_Key berikut ini, mungkin sangat menarik dijadikan bacaan sebagai persiapan menulis di platform Wattpad.

Di perjalanan kali ini, aku akan mengajakmu berkenalan dengan seorang Makhluk Astral berinisial Keynaa yang berasal dari Makassar, terlebih dahulu.
 
Biar sopan, ya kan. Keynaa merupakan seorang Artworker dan Penulis Wattpad genre Teenfict. Doi merupakan salah satu Mahasiswi di kota kelahiran Pak Jusuf Kalla.

Aku harap, kamu sudah membaca karya tulisnya yang berjudul 'Trouble Maker' dan 'Rivaldo' yang memiliki kaitan satu sama lain.

Singkatnya, dua novel itu berada di satu universe yang sama.

Sumber : Screenshot Wattpad @Keynaa_Key

Kehidupan sosial media 'Makhluk Aneh' ini penuh dengan orang-orang yang memiliki kelainan jiwa -- yang paling jelas, dia suka spam dan temannya juga suka nge-spam.

Mereka semua memiliki kelainan jiwa. Semuanya!

Setelah perkenalan singkat tentang Keynaa Key. Sekarang, giliranku yang menyapa kalian semua.

Hai Wattpader! Terima kasih atas dukungan dan semangat kalian. Hai juga WeWeDogomers! Kalian sangat menginspirasi.

Hadir kalian merupakan bagian terpenting dari kokohnya situs murahan ini--apalagi jika kalian klik iklannya.

Beep~

Nah, kali ini aku akan memperkenalkan sedikit penjelasan tentang sistem rating di Wattpad setelah berkenalan dengan kak Key yang artikel ini ditulis oleh doi itu sendiri.

Para pakar Wattpad memberikan rating dengan menggunakan hastag.
Sebagai contoh; kamu memasang hastag #Pelakor di ceritamu, di dalam hastag #Pelakor ada dua ribu cerita yang menggunakannya dan kamu ada di urutan #1.

Berarti, karya kamu merupakan karya paling populer berdasarkan hastag #Pelakor, dari dua ribu cerita yang menggunakan hastag yang sama.

Tapi, kalau kamu ingin menilai seberapa populernya suatu karya.

Kamu dapat melihatnya dari jumlah hastag dengan jumlah cerita paling banyak di setiap hastag, misal #Romance ada 18 ribu karya, #Love ada 700 ribu karya dan #Teenfiction ada 900
ribu karya.

Tak peduli berapa banyak hastag yang kamu gunakan, jelasnya ... semakin banyak hastag yang digunakan dan semakin tinggi posisi kamu, maka karyamu populer.
Nah, Key juga memberikan sedikit informasi tentang bagaimana cara mendapatkan pembaca tanpa harus spam promosi dalam grup-grup Wattpad di Facebook.

Perhatikan hal-hal berikut ini! Dijamin, kamu pasti akan mendapatkan jumlah 'views' yang banyak, original, memuaskan dan bukan drama.

Karena, cara ini telah diuji oleh Key sendiri--doi enggak jomblo walau sendirian. Pacar online-nya ada.

Pertama; Kesabaran.

Jumlah view tidak datang secara instan, semua orang tahu itu--aku juga tahu itu!--jadi, bersabar dan terus berusaha ya.

Jangan gantung ceritamu, ingat! Setelah mendapatkan pembaca, biasanya pembacamu akan lebih ganas dan gila!--mereka suka menggila dengan cara spam komen di sosial mediamu, kamu harus bertanggung jawab!


Kedua; Rank.

Mayoritas pembaca Wattpad membaca cerita dari rekomendasi Wattpad.

Nah tentu yang direkomendasikan Wattpad merupakan karya yang populer sesuai Algoritma Wattpad sekarang. Jangan terlalu serius dengan rank, karena cerita bagus tidak dilihat dari tingginya rank kamu.

Anggap saja, rank adalah bonus agar pembacamu bertambah.

Novel yang diterbitkan dari Wattpad, kebanyakan menggunakan embel-embel 'telah dibaca sekian kali' bukan 'pernah menempati rank ini atau itu di tanggal segini dan segitu', jadi, fokus saja, anggap rank adalah bonus.

Jadi kamu harus punya rank setinggi mungkin. Bagaimana caranya? Ya promosi lah, tapi jangan spam di grup, juga.


Ketiga; Genre.

Dari sekian banyaknya genre, teenfiction dan romance lah yang lebih populer di Wattpad.

Kalau kamu ingin punya banyak pembaca, menulislah cerita yang banyak peminatnya dong--tapi siap-siap juga, banyak saingan.

Setiap karya itu memiliki dua sisi, penikmat dan pembenci. Karya populer di Wattpad kebanyakan cerita klise; so, tantangannya adalah, bagaimana caramu menyajikan cerita klise yang tidak klise?


Berbicara tentang Genre. Kamu bisa pahami dulu apa itu Genre dan bagaimana memilihnya. Kamu bisa baca di dalam Artikel berikut ini;

Baca Juga : Memahami Genre dan Bagaimana Memilihnya?

Keempat; Judul.

Tidak diragukan lagi. Sudah diuji oleh ahlinya--Key sendiri, soalnya kalau ber-sebellas; ntar dikira main bola atau lebih mirip judul karya milik Author situs ini. Sialan!

Judul pasaran gapapa, yang penting jangan aneh saja--ini maksudnya, bagaimana Key? Agak rumit ya tips-nya.




Kelima; Cover.

Satu paket dengan judul. Don't judge a book by the cover tidak berlaku di kamus Key. Jadi, cover harus bagus!

Kalau mau bagus bangeuuut!--bisa gratis atau bayar--boleh pakai jasa pembuatan Cover by Key sendiri. (Lagi-lagi sendiri, soalnya kalau bertiga; yang ketiga sering dianggap Key--eh, setan.)

Keenam; Karakter.

Orang-orang pasti mencari tahu terlebih dahulu, siapa pemeran utama di dalam cerita yang akan dibacanya.

Apakah seorang remaja? Pria tampan? Om-om berduit? Emak-emak rese yang suka main Instagram?--siapa saja! Apa saja!

Memang sih, emak-emak rese di Instagram itu gak asyik banget. Kebanyakan sih, spam kekayaan dan hura-hura gitu. Astagfirullah! Kok curhat?

Lebih parahnya sih yang main Facebook. Statusnya alay, kebanyakan sih hasil share dari akun lain. Kadang isinya dakwah, post memasak, politik, kesehatan dan curhat tentang perasaan. Hadeuh!

Baca Juga : Cara Menciptakan Karakter yang Diminati Pembaca.

Ketujuh; Setting.

Latar tempat sih biasanya berpengaruh. Ibaratnya nih, kalau kenalan sudah menanyakan nama, pasti bakal nanya alamatnya juga dong.

Soalnya kadang kalau judul sudah bagus, karakter bagus, terus settingnya di Simbabue--di mana pulak ini?--pembaca bakalan puyeng bacanya.

Pembaca gatau Simbabue itu tempat apa, lingkungannya bagaimana. Jadi, susah ngebayangin--ehh enggak juga sih, kadang kalau penulisnya hebat; bisa sih nambah beberapa deksripsi atau narasi yang memperkenalkan seperti apa Simbabue itu.

Tunggu dulu, jadi Simbabue itu di mana sih? Masih di bumi, kan? Tapi, itu dia. Semua terlepas dari seberapa hebatnya kamu mendiskripsikan sebuah tempat.


Kedelapan; Deskripsi.

Siapa sih yang baca cerita langsung baca isinya tanpa nengok (melihat) deskripsi dulu?

Di sini kamu hanya butuh deskripsi yang gak panjang amat dan gak pendek banget. Usahakan masukin konflik utama ke isi deskripsi, agar si pembaca tertarik.


Kesempatan--eh, kesembilan; Prolog.

Pembaca yang tidak puas dengan deskripsi pasti akan mempertimbangkan prolog.

Istilahnya, kesan pertama itu menentukan baik-tidaknya kesan selanjutnya--sudah paham?

Tapi; kalau kamu belum paham bagaimana menulis prolog yang bagus dan belum paham apa sih prolog itu. Kamu bisa baca artikelnya di;


Kesepuluh; Konflik.

(Ini ditulis oleh Author Situs ini).
Konflik merupakan bagian yang menjadi bumbu penting di setiap cerita yang ada di dunia ini.
Tanpa konflik, kalau kata mbak Inul Daratista;
"Bagaikan sayur asem tanpa garam," -- benar gak sih?
So! Cobalah suguhkan konflik yang menarik dan Tzeghar!

Sebellas; Gaya bahasa.

Kebanyakan pembaca justru tidak suka dengan cerita yang menggunakan bahasa penuh dengan bahasa baku-sebaku-bakunya.

Gaya bahasa layaknya mengobrol yang lebih banyak peminatnya, tanpa melupakan aturan PUEBI.

Duo Baleh--ini bahasa Minang; Sudut Pandang.

Tipikal pembaca beda-beda. Kamu bisa pilih sudut pandang Pertama, Kedua, Ketiga, atau Serba tahu. Terserah!
Mana yang kamu suka dan mana yang membuat ceritamu menjadi menarik, itu pilihan kamu.

Tiga belas; Ritme dan Konsistensi dalam Meng-upload cerita.

Biar pun judul sudah oke banget, cover-nya mancai sekali, karakternya mantul, dan bla ... bla ... bla tapi Authornya ngapdate cerita sekali sebulan--ini aku banget, maafkan aku wahai pembaca--yang ada pembaca keburu lupa sama alur ceritanya.
Seperti sudah dijelaskan di atas. Pembaca itu lebih ganas dan gila kalau sudah suka sama cerita kamu, tapi kalau kamunya gak update lagi.
Dia bisa spam komentar dan update status di sosial medianya--hati-hatilah!
Nah, kata Key; "Itu menurut gua, yah. Yang udah lumayan lama nulis di Wattpad. Fufu~"

Penutup;

Akhir kata sebagai penutup. Aku mengucapkan terima kasih ke Key dan kalian semua. Jangan segan dan enggan membagikan artikel ini ke rekan yang lain ya.

Intinya, konsistensi dirimu menjadi nilai utama dalam mendapatkan pembaca di Wattpad. Ingatlah selalu untuk berani menasehati diri agar mau mengakhiri apa yang sudah dimulai.

Baiklah, sampai di sini dulu. Sampai ketemu di lain artikel dalam blog ini. Tinggalkan komentar di bawah ya.

Tetap semangat menulis! Teruslah menulis!
Wattpad Key; @Keynaa_key
Ⓒ EvandoTM
Ⓡ WeWeDogom
⺊ @Keynaa_Key

Komentar, Kritik dan Saran dari kalian adalah semangat untuk kami.

Klik di sini