Bagaimana Mendapatkan Pembaca di Wattpad Dengan Memanfaatkan Fitur Wattpad?

WeWeDogom.Com -- Ada banyak cara mendapatkan pembaca di Wattpad, sebenarnya cara ini mudah tapi terkesan sulit. 

Mengapa? 

Karena sejujurnya, mungkin kamu tidak memerhatikan hal-hal ini semua.

Cara ini dikutip dari pengalaman Alfin E. Libra, owner situs WeWeDogom.COM dan telah melakukan tahap survei dengan orang-orang di grup Forum Wattpader Indonesia yang dulu bernama Wattpad Lovers Indonesia di Facebook.

Berikut hal yang pernah kulakukan dan ternyata memang seperti ini tips yang diperlukan agar para pembaca mau membaca tulisan kamu di Wattpad.

Ingat bahwa memanfaatkan algoritma Wattpad adalah cara terbaik. Kali ini, mari gunakan algoritma itu.

Pertama-tama, mari melihat jawaban dari anggota grup yang memberikan jawaban itu di grup Forum Wattpader Indonesia. Grup Wattpad paling tidak ramah di Indonesia.



Nah, menyikapi jawaban-jawaban yang telah diberikan oleh anggota grup Forum Wattpader Indonesia. Hal yang pertama kali harus diperhatikan ternyata ...

1. GENRE & HASTAG

Sebelum memulai menulis, di bagian awal Wattpad. Tentu kamu akan diberi kesempatan untuk memilih genre dan mencantumkan hastag. 

Nah, di sini seharusnya kamu sudah benar-benar memikirkannya dari awal sebelum lanjut ke tahap yang berikutnya. 

Mengapa? 

Sebab, dari genre lah kamu akan mendapatkan pembaca dan tahu apa yang akan kamu tulis.

Cobalah mengetahui lebih banyak tentang fungsi Genre dan manfaatnya di artikel berikut ini;

Baca Juga : Memilih dan Memahami Fungsi Genre

Kenapa harus repot-repot memerhatikan genre?

Di Wattpad, ada berjuta-juta karya dan berjuta-juta pengguna berselemakan di sana. 

Jadi, ketika kamu menggunakan tajuk atau judul yang mainstream atau sudah ada di Wattpad, maka genre dan hastag lah yang akan membuatnya berbeda dari cerita yang lainnya.



Dalam risetku, menggunakan judul seperti contoh gambar di atas. Ada sekitar 67 judul dengan kosakata yang sama dan berada di berbagai macam genre yang berbeda-beda.

Jadi, sebaiknya kamu harus benar-benar memberikan hastag yang baik pula.

Lalu, hastag apa yang seharusnya kamu gunakan?


- Nama Komunitas
- Sub Genre
- Tema Cerita
- Event
- Garis Besar 
- Nama Tokoh

2. JUDUL & COVER

Cara terbaik menentukan judul yakni; dengan memahami genre yang kamu emban. Usahakan untuk memilih judul yang masih relevan dengan genre. 

Tentu kamu harus meriset judul-judul yang sudah ada di Wattpad sebelum memilihnya. Sebab, kebanyakan judul di Wattpad memiliki kemiripan yang mana hal itu membuat ceritamu akan digolongkan sebagai cerita klise

Kemudian, pilihlah cover yang membuatnya seperti bagian dari keadaan cerita tersebut. Misalkan, bila ceritamu memiliki akhir cerita yang bahagia; maka pilihlah cover yang memiliki banyak warna atau berwarna dan cerita. 

Jika cerita tersebut ber-tema teen atau remaja, ada baiknya kamu memilih gambar yang ada anak remajanya sebagai tokoh utama atau ketika cerita itu mengisahkan sebuah cinta segitiga. Letakan setidaknya tiga manusia di sana.

Agar lebih memahami pemilihan sampul yang kece badai. Ada baiknya kamu mengobrol dengan art-worker. Berkonsultasi kepada mereka atau gunakan jasa mereka.

Intinya, kamu harus paham dengan apa yang kamu tulis!

Agar memahami dengan hal-hal yang kamu tulis, cobalah menggali tiga hal penting seperti Premise, Genre dan Tema seperti penjelasan di artikel berikut ini;


Baca Juga : Perbedaan dan Pentingnya : Premise, Genre dan Tema

Ketika perasaan itu berhasil kamu rasakan di sampul yang telah kamu pilih, maka cover akan relevan dengan isi cerita. Sampul itu seperti reka adegan yang mewakili gambaran cerita di dalamnya.


3. SINOPSIS/BLURB DI KOLOM DESKRIPSI.


Sebagai contoh, aku mengambil gambar dari salah satu cerita yang berada di rank no-1 dan 2 di Genre Paranormal edisi awal Februari 2018.




Banyak banget Wattpader Indonesia yang kurang menggunakan fungsi dari kolom deskripsi di Wattpad secara baik.

Memanfaatkan kolom keterangan itu seperti memanfaatkan halaman belakang di buku novel atau memanfaatkan lembar prolog. Gunakanlah sebagai daya tarik; jangan pamerkan prestasi di sana.

Dari sini terkadang kualitas cerita bisa dinilai, mana yang penulisnya anak alay atau mana yang penulisnya patut dijadikan panutan.

Aku tidak mengatakan bahwa penulis Wattpad itu aneh. Rangking hanya sampah di mataku karena aku paham bagaimana cara kerjanya. Jadi jangan pernah menilai karya dari Ranking!

Kita ambil contoh dari rank-1 dengan genre yang sama dalam berbahasa Inggris meski pun penulisnya juga sama-sama orang Indonesia.



Tiga karya di atas--yang kolom deskripsinya digunakan sebagai contoh--berada di Rank puncak genre Paranormal dalam waktu yang bersamaan dengan penulis yang sama-sama orang Indonesia, hanya saja berbeda bahasa. 

Sekarang, pandangan kamu saja deh. Mana yang membuat kamu ingin membacanya? Jangan mempermasalkan bahasanya, ya.

Agar kamu dapat memfungsikan Blurb secara baik dan menggaet pembaca, cobalah memahami apa fungsi dari Blurb itu sendiri, seperti yang telah di bahas di artikel berikut ini;

Baca Juga : Sejarah Blurb, Fungi dan Cara Menggunakannya


4. GABUNG KOMUNITAS, GRUP ATAU BANGUN RELASI.

Cara ini cukup efisien, tapi terkadang menjadi mala petaka juga. 

Ketika kamu mem-promosi-kan cerita, ada baiknya kamu menunjukan attitude yang baik. Jika kamu sadar karya tulis kamu masih baru, cobalah rayu dengan bujukan.

Lagi, ketika kamu berada di dalam lingkar penulis. Secara tidak langsung kamu juga akan belajar dan berkembang. Maka, ikuti arus dan kebiasaan mereka. Tapi, jangan sampai hanyut dalam alirannya.

Ketika kamu belajar, maka perlahan kamu akan berhenti sejenak dalam menulis cerita. Nah, di dalam proses pemberentihanmu itu, manfaatkan semua kritikan dan saran.

Faktanya! ketika kamu meng-edit cerita, bahkan hanya membenarkan kata yang salah ejaan, maka karya kamu akan tergolong oleh bagian yang tersedia di Wattpad seperti pilihan di gambar bawah ini;



Nah, selain itu. Ketika kamu merevisi, notifikasi dari para pembacamu bahkan mereka yang tidak mem-follow-mu namun membaca tulisanmu juga akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu baru saja meng-update karya. 

Jika hal ini rutin kamu kerjakan, maka makin 'meningkat' lah karyamu dan secara perlahan akan semakin 'panas!'.

5. MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AUTHOR LAIN.

Ingat! Jangan menjalin kedekatan dengan cara memaksa mereka mengunjungi karyamu. 

Aku pribadi lebih suka dengan mereka yang secara sopan meminta bantuanku dalam menilai dari pada seperti hal yang berada dalam gambar berikut. 

Tentu, setiap orang mungkin merasa tidak risih dengan hal-hal seperti ini; tapi beberapa orang merasa jijik dengan pesan-pesan spam seperti gambar di bawah ini.

Tunjukan harga dirimu, kamu bukan makhluk rendahan, kan?





Ketika kamu mendapatkan rekan Author lain. 

Maka secara tidak langsung, mereka akan menambahkan karya kamu di dalam Reading List mereka--doakan saja seperti itu.

Jika mereka termasuk penulis yang berkembang seperti kamu, maka dia akan giat mencari pembaca juga.

Alhasil? selain dia menampilkan karyanya, karya kamu juga akan terlihat di dalam profilnya.


Di dunia Blogging, ini dinamakan backlink.



Bagian Penutup:

Intinya, manfaatkan fitur Wattpad. Tunjukan kualitas dan kuantitas dan banyaklah membaca. Ketika kamu membaca, maka kamu akan paham cara kerja algoritma Wattpad yang berubah-ubah.

Ingat juga tentang prinsip di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi! Pahami duniamu, mulailah bertarung mendapatkan mimpi yang kamu impikan.

Menjadi penulis itu mudah, jika kamu mempermudahnya.

Akhir kata sebagai penutup, Terima kasih!

Terus menulis! Semangat!

Ⓒ EvandoTM
Ⓡ WeWeDogom.COM
𝖜 Alfin E. Libra

Komentar, Kritik dan Saran dari kalian adalah semangat untuk kami.

Klik di sini