10 Kunci Sukses Menulis ala JK. Rowling. Penulis Best Seller "Harry Potter".



www.WeWeDogom.Com -- Penulis kali ini merupakan seorang novelis Inggris yang paling dikenal sebagai penulis seri fantasi, Harry Potter.

Buku-bukunya telah mendapat perhatian dunia luas, memenangkan beberapa penghargaan dan telah terjual lebih dari 400 juta kopi.

Pada tahun 2004, Forbes menamainya sebagai 'orang pertama yang menjadi miliarder dengan menulis buku,'

Dia JK. Rowling, yang kali ini akan membeberkan '10 Kunci Utama Sukses Menulis', yang sudah diuji dirinya.

Kegagalan Membantumu Menemukan Dirimu Sendiri.

JK. Rowling beralih hidup dengan gaji dari negara dalam waktu 5 tahun. Namun, kegagalannya berhasil menuntunnya menjadi seorang penulis.

Kata JK. Rowling,

          "Kegagalan memberiku keamanan batin yang tidak pernah kualami jika tak kuhadapi rintangan itu. Kegagalan mengajariku hal-hal tentang diriku sendiri bahwa aku tidak bisa belajar dengan cara lain. Aku menemukan bahwa aku memiliki kemauan yang kuat dan lebih disiplin daripada dugaanku. Aku juga menemukan bahwa aku memiliki teman yang nilainya benar-benar di atas harga batu rubi,"

          "Pengetahuan muncul lebih bijak dan lebih kuat dari kemunduran, bagaimana pun juga, merasa aman dalam kemampuanmu hanya untuk bertahan hidup saja tanpa perkembangan."

          "Kamu tak akan pernah benar-benar mengenal diri sendiri atau kekuatan spesial milikmu, sampai keduanya telah diuji oleh kesengsaraan."

          "Pengetahuan seperti itu merupakan pemberian sejati, untuk semua rasa sakit yang telah dilewati dan itu lebih berharga daripada kualifikasi apa pun. Aku pernah mendapatkannya." tutur JK. Rowling.


Lakukan Tindakan ke Idemu.

Buku Harry Potter telah menjadi seri buku terlaris sepanjang sejarah. Semua itu dikarenakan tindakan terhadap ide yang menjadi tikungan dan tanjakan.

JK. Rowling, bilang; "Saat itu, aku sedang naik kereta dari Manchester ke London. Tiba-tiba ide itu datang, tanpa diundang."

"Pernahkah sesuatu seperti itu terjadi padamu sebelumnya?" tanya seorang reporter.

"Jujur, ide lain baru saja datang setelah ide utama itu datang. Karena kupikir, jika kamu seorang penulis, hal itulah yang akan menghabiskan waktumu jika melakukan perkembangan ide, maka ide akan datang menemuimu,"

"Tapi dengan tidak ada yang pernah datang, dengan begini, aku berdoa kepada Tuhan, kukatakan kpada-Nya 'Tuhan! aku ingin menulisnya.' Ketika kuturun dari kereta, aku langsung pulang dan lekas menulis."

Kamu Akan Dikritik.

Mengantisipasi, bahwa mungkin target pembaca bukanlah anak laki-laki karena ditulis oleh seorang wanita, penerbitnya meminta agar JK. Rowling menggunakan dua inisial, bukan nama lengkapnya.
Rowling bilang,

"Karena hal ini adalah salah satu hal yang menakjubkan dan sangat menakjubkan seperti tentang sastra, tentang film dan musik, itu benar-benar subyektif. Itulah intinya, kamu harus tahu, itulah intinya. Tentu saja, kamu sudah bergerak di dunia itu. Jika kamu berharap hanya berdiri di bawah pancuran pujian, ada yang salah denganmu."

"Kamu akan mendapatkan kritik. Aku tahu itu berguna dan yang lucu adalah aku bukanlah orang yang istimewa, aku tidak pernah menjadi orang yang sangat percaya diri dan ada area dalam hidupku yang dikritik di mana aku dikatakan sangat kurus dibalut kulit. Bukan area ini yang harus dikritik. Di daerah lain, aku pikir itu benar dan tepat, aku harus dikritik dan karena ini sastra." Rowling mengangguk, mengiyakan perkataannya.

Ingat! Di Mana Kau Memulai.

Rowling didiagnosis dengan depresi klinis yang memang sudah dia klaim diagonisanya, itu lah yang memberinya inspirasi menciptakan Dementor dalam serial Potter.

JK. Rowling menuturkan saat reporter bertanya, "Apakah di sini kamu menulisnya?" reporter itu menunjukkan sebuah perangkat komputer yang JK. gunakan saat menulis seri Harry Potter.

"Di sini, benar-benar di mana kumengubah hidupku, sepenuhnya. Maksudku, hidupku berubah begitu banyak dalam kenyataan ini. Aku merasa aku benar-benar menjadi diriku sendiri di sini dan itu semuanya dilucuti. Aku telah membuat hal-hal yang berantakan, tapi itu membebaskan. Jadi kuingin menulis, kumenulis buku, ya aku menulis buku itu." jawab JK. Rowling.



"Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Ini akan ditolak oleh setiap penerbit di Inggris, masalah besar. Selama bertahun-tahun kumerasa, jika semuanya hilang, dan beberapa hari ... aku merasa seperti itu, apakah itu nyata?" tangkal Rowling, tak menyangka dia akan kembali ke ruangan kecil itu.

"Hari ini aku kembali lagi ke ruangan ini. Ini sangat mengejutkan batinku, dari sini semuanya kumulai. Karena itu adalah bagian dari ceritaku yang sudah usang. Ini menguap sampai di sini, bagaimana kumenulisnya seolah-olah itu adalah semacam aksi publisitas yang kulakukan selama setahun. Tapi itu hidupku dan itu sangat sulit. Aku tidak tahu akan ada resolusi terjadi dari dongeng ini."



Yakin!

Dua belas penerbit menolak naskah asli Harry Potter, namun akhirnya penerbit kecil Bloomsbury memberinya kesempatan dengan kemajuan kecil.

JK. Rowling bilang,

"Kuingat sekali, dan rasanya seperti, Yah, seperti aku akan menyebutnya 'flash clairvoyance'. Aku sedang berjalan pergi dari kafe tempat kubekerja. Aku mengalami saat dimana aku tiba-tiba berpikir, seperti suara lain yang berbicara kepadaku."

Suara itu berkata, "Hal yang sulit terjadi untuk bisa dipublikasikan."

"Jika dipublikasikan, itu akan menjadi sangat besar."

"Nah masalahnya, kamu harus percaya, aku bukanlah orang yang paling 'yakin' di dunia. Sebenarnya, akan kukatakan bahwa aku adalah seseorang yang tidak memiliki kepercayaan diri. Itulah satu hal dalam hidupku, aku merasa, aku hanya bisa menceritakan sebuah cerita."


Selalu Ada Gentar.

Rowling menyusun gagasan Harry Potter pada tahun 1990.

Tujuh tahun setelah kematian ibunya, Rowling bercerai dari suami pertamanya dan hidup miskin sampai Rowling menyelesaikan novel pertama.

Kata JK. Rowling:

"Selalu ada gentar. Kupikir orang mungkin tak percaya mengetahui bahwa aku merasa gentar setiap kali menghasilkan buku Potter. Berat harapan yang ada, sungguh luar biasa dan sangat indah bila memiliki harapan yang tinggi."




Hidup Bukanlah Daftar Prestasi.

Dia diberi gelar oleh aktivis komunis dan hak sipil, Jessica Mitford sebagai 'penulis paling berpengaruh'

JK. Rowling bilang,

"Kebahagiaan pribadi terletak pada saat mengetahui bahwa kehidupan itu bukan daftar pencapaian. Hidup itu sulit, rumit dan di luar kontrol siapa pun. Hanya kerendahan hati yang dapat mengetahui itu dan memungkinkanmu menemukan perubahan itu."


Gigih!

Rowling menjadi penulis buku terlaris di Inggris -- dan di dunia -- dengan penjualan melebihi £ 238 juta. Bagaimana dia bisa menjadi penulis seperti itu?

"Kamu harus banyak membaca sebanyak yang kamu bisa, karena itulah cara terbaik mengenal tulisan yang bagus dan mempelajari apa yang membuat tulisan menjadi buruk." saran Rowling.

"Kamu mungkin akan mengalami fase di mana mulai meniru penulis favoritmu, itu tidak apa-apa. Sudah merupakan proses lain dari belajar, cepat atau lambat, kamu akan memukul apa yang seharusnya kamu lakukan dan mulai menemukan apa genremu."

"Ketekunan! Kamu harus bertekun, karena tekun merupakan sebuah karir dengan banyak pukulan keras, tapi ganjarannya sangat besar. Aku tidak bermaksud, dalam arti bahwa jika memang itu yang benar-benar ingin kamu lakukan, kamu dapat melakukannya seumur hidup yang menjadi hal terbaik di dunia. Sangat bermanfaat. Bertekun!"

Bertekun bukan karir untuk orang-orang yang mudah berkecil hati, itu sudah pasti.

Jangan beritahu mereka hal yang tidak realistis. Karena kalau pun tidak diterbitkan, menulis adalah gairah hidup, jadi, ini penting untuk dilakukan.



Mimpi Bisa Terjadi.

Pada tahun 2010, Rowling dinobatkan sebagai "Wanita Paling Berpengaruh di Inggris" oleh editor majalah terkemuka.

"Aku selalu, selalu, selalu ingin menjadi penulis. Tentunya kamu ingin menjadi penulis juga. Kamu ingin, kamu bermimpi agar mendukung dirimu sendiri melalui tulisan, pastinya. Aku senang, karena aku selalu ingin menulis dan selalu menulis,"

Kita Memiliki Kekuatan, Sebuah Imajinasi!
Harry Potter kini menjadi merek global senilai sekitar US$15 Miliar. Apa yang membuatnya begitu mahal?

"Sebagai manusia, tidak butuh sihir untuk mengubah dunia. Diperlukan hanya membawa semua kekuatan yang dibutuhkan di dalam diri. Manusia memiliki kekuatan untuk membayangkan lebih baik. Itu disebut, akal pikiran dan imajinasi.".

Bagian Akhir :
Nah! Di bagian akhir. 10 Kunci Sukses Menulis yang disampaikan oleh JK. Rowling tadi. Semoga, artikel ini bermanfaat dan dapat memotivasi kamu.

Akhir kata kuucapkan terima kasih dan terima kasih -- lagi.

Teruslah menulis, tetap semangat!

© EvandoTM
® WeWeDogom.Com