Membuat Artikel yang SEO Friendly. Khusus Pengguna Blogger! [EDISI PEMULA]

WeWeDogom.Com -- Membuat Artikel merupakan rintangan yang cukup rumit, terkadang beberapa blogger pemula mengalami kesulitan. 

Tapi, tak masalah. Karena beberapa tips ini mungkin dapat membuat kalian paham dan mengerti tentang cara membuat artikel yang SEO Friendly.



Dari kebanyakan fitur yang tersedia, hanya beberapa saja yang mungkin digunakan. Selebihnya mungkin diabaikan begitu saja. 

Tapi, setelah melihat cara-cara ini, mungkin kamu akan paham dengan tata cara membuat artikel yang SEO Friendly. Berikut merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel di blog;

  • Perhatikan Judul Artikel.
  • Fokus Ke Kata Kunci.
  • Artikel Yang Segar dan Bernilai

Umumnya, pemula hanya memehertaikan judul kemudian memasukan beberapa Sub-Judul serta gambar lalu fokus ke isi artikel. 

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata hal seperti itu bisa dibilang salah?

Ada hal lain yang harus diperhatikan agar artikel kalian terindex oleh google dan kerapian blog kalian tetap terjaga. Pembaca akan merasa nyaman dan mengganggap artikel kalian berfaedah.

Ketika kalian fokus ke kata kunci, maka artikel kalian akan cepat terindex. 

Hal ini mungkin akan membuat kalian merasa mudah dan tidak canggung lagi ketika menulis artikel yang segar dan bernilai.
Baca Juga : 3 Tips Mempertahankan Gaya Tulis.
Jadi, terapkan sekarang juga. Karena hal yang tak kamu perhatikan ini sebenarnya sangat harus diperhatikan.

Berikut; Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly.


1. Kotak berwarna Merah : Semua yang berada di kotak berwarna merah umumnya dijadikan 'Keywoard' atau kata kunci. 

Semua hal yang berada di kotak berwarna merah harus saling berkaitan satu sama lain. Hal ini akan membuat postingan kamu cepat terindex google.

2. Kotak berwarna Biru : Semua yang berada di kotak berwarna biru digunakan sebagai kata yang berkembang atau sering diulang-ulang. 

Selain membuat artikel kamu terlihat segar, mengulang-ulang kata juga membuat postingan kamu cepat terindex google.

3. Kotak berwarna Coklat : Hal yang berada di kotak berwarna coklat diisi dengan hal-hal atau point-point penting yang akan dibahas di dalam postingan kalian. 

Hal ini membuat post kalian terlihat rapi.

4. Kotak berwarna Oranye : Umumnya, fungsi label digunakan untuk mengelompokan artikel ke kategori/label yang sama. 

Hal ini akan membuat blog kalian terlihat lebih rapi dan membuat pembaca/pengunjung nyaman.

5. Kotak berwarna Hitam : Biasanya. Agar terlihat update terus. Blogger akan menulis banyak artikel dan mempublishnya sesuai tanggal yang ia mau. 

Sebagai contoh, aku ingin blog-ku update 'Seminggu' sebanyak 3 kali. Tapi karena jadwal kupadat, maka aku akan menulis di hari yang sama kemudian mengatur tanggal pempublishannya.

6. Kotak berwarna Hijau : Permalink atau Tautan permanent. 

Permalink digunakan untuk mengatur bentuk URL dalam blog kalian. Biasanya, permalink yang tidak diatur/otomatis akan sesuai dengan judul yang kalian tulis.


7. Kotak berwarna Ungu : Internal link. Biasanya berisi post yang bersangkutan dengan artikel yang kalian tulis. 

Gunakan Internal link yang akan membuat artikel lain terlihat. Dalam kata lain, Internal link berguna untuk mempromosikan artikel kalian yang lain.

8. Kotak berwarna Merah : Sub-Judul yang diberi bentuk tulisan Sub-Heading. Dibuat sebagai penuruan judul utama yang berguna untuk memudahkan artikel kalian terindex.


Bagian Penutup :
Nah! Di atas merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan agar membuat artikel yang SEO Friendly di bagian dasar Blogger. 

Terlihat rapi dan mudah dibaca. Dijamin, blog kalian akan terlihat lebih profesional dan melatih diri agar tetap menulis tanpa harus mengandalkan 'copy-paste'.

Artikel ini bukan original buatanku. Beberapa bulan yang lalu saat aku bingung dalam hal kepenulisan artikel, seseorang membagikan ilmunya padaku. 

Sekarang, sepertinya aku harus membagikannya juga kepada kalian.

Semangat menulis! Tetap terus semangat!

Ⓒ EvandoTM

Ⓡ WeWeDogom.Com

Komentar, Kritik dan Saran dari kalian adalah semangat untuk kami.

Klik di sini