Fungsi & Pengertian 'Premise', Contoh dan Cara Menerapkannya di Novel.

www.WeWeDogom.Com -- Premise adalah ungkapan yang dapat menjelaskan alasan atau kesimpulan yang mendasar. Menurut Purdue OWL (Online Writing Laboratory) menjelaskan bahwa premise merupakan bagian integral atau keseluruhan yang tak terpisahkan dalam melandasi alasan gagasan, pendirian, dan pemikiran.

Dalam Thread ini, akan membahas;
  • 〷 Pengertian Premise
    • - Apa itu Premise : Menurut Purdue OWL
    • - Pengertian Premise : Menurut KBBI
    • - Penjelasan Premise : Menurut James N. Frey
  • 〷 Contoh Premise & Contoh Premise yang Klise
  • 〷 Fungsi & Peran Premise dalam Novel

Premise sering berbentuk proposisi, kadang dapat diambil dari inti silogisme yang lebih dikenal sebagai cara berpikir dengan menarik kesimpulan antara subjek dengan kesimpulan.

Contoh Premise
  • Semua hewan mamalia, melahirkan. 
  • Ayam memiliki telur.
  • Jadi, ayam bukanlah mamalia. 
Istilah premise sendiri datang dari bahasa Latin yang memiliki makna, 'hal-hal yang disebutkan sebelumnya', 'diletakan di depan'.

Karena 'disebutkan sebelumnya' & 'diletakan di depan' maka premise harusnya ada di awal perencanaan menulis; seperti yang telah disebutkan di atas, premise menjadi alasan mendasar.

Penggunaan premise di dunia menulis menjadikannya sebagai;
- Tulang Punggung,
- Garis Besar, dan
- Landasan Pemikiran,

Seperti yang dikatakan James N. Frey dalam situs Writer Diguest.

"Premise adalah dasar cerita yang menjadi pernyataan inti tentang apa yang terjadi pada karakter sebagai akibat dari tindakannya, di dalam sebuah cerita," 


James N. Frey

Menurut Ernest Prakasa, bahwa premise merupakan pondasi awal sebelum mempersiapkan nilai-nilai lainnya di dalam karya tulis.

Premise merupakan ide awal atau hal yang dapat dijadikan sebagai alasan mengapa ada keinginan menulis novel itu sehingga premise dijadikan sebagai pondasi yang kuat.

Sebab, setiap cerita memiliki satu premise.

Hanya satu! Premise lah yang menjadi ide dasar cerita atau premise yang mendukung seluruh alur.

James N. Frey memberikan saran;

"Jika kamu dapat menetapkan premise-mu di awal proyek, kamu akan memiliki banyak waktu yang memudahkanmu menulis cerita,"

Karena konsep dasar yang telah dibuat sebelumnya, hal ini akan mendorong tindakan si karakter.

Setelah menetapkan premise, kamu bisa membuat alur yang kuat dan jelas.

James N. Frey sendiri memberikan contoh premise sesuai penjelasannya dari cerita anak-anak yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, 'Tiga Babi Kecil & Serigala'.

Tentu bukan 'menciptakan' rumah menggunakan batu bata lebih dianjurkan daripada membangun rumah dari jerami atau ranting, yang dijadikan pondasi cerita atau premise, melainkan …

"Kebodohan mengarah pada kematian, dan kebijaksanaan mengarah pada kebahagiaan."

Source : Pinterest/Shaun The Sheep

Mengapa hanya ada satu premise di setiap cerita?

Sebab, premise merupakan cikal bakal ide, dasar cerita atau hal yang menjadi fondasi pendukung dari seluruh plot yang ada.

Singkatnya;

Memikirkan premise di awal, merupakan tindakan menentukan tujuan dari novel yang ditulis.

Mempertahankan plot pada jalur yang mantap dari awal sampai pertengahan hingga ke akhir, akan membantu dalam membuat sebuah cerita yang berkemungkinan berhasil.

Sebuah premise cerita biasanya dapat dinyatakan dalam satu kalimat, dan kebanyakan penulis pemula--secara universal--mengungkapkan pernyataan premise, sering dijadikan sebuah ungkapan atau klise yang biasa.

Seperti; contoh premise yang klise.

  • "Kejujuran adalah kebijakan terbaik di dalam hidup,"
  • "... hati-hati dengan apa yang kamu inginkan,"
  • "Apa yang terjadi, datanglah,"
  • "Cinta tidak perlu mengatakan bahwa kamu menyesal,"

    Contoh di atas merupakan  pernyataan premise yang sering digunakan, sah-sah saja. Namun, premise standar seperti ini sudah banyak digunakan oleh orang lain.

    Sekarang, cobalah memikirkan gagasan cerita yang sedang dikerjakan dan cobalah membuat pernyataan premisenya terlebih dahulu, sebelum jauh melangkah.

    Nah, ilustrasi berikut ini dapat memvisualisasikan apa itu premise;


    Penutup : 

    Setelah mengenal lebih jelas tentang premise, yang mana tugasnya menjadi dasar pemikiran dan alasan dari keseluruhan ide cerita yang dimiliki.

    Menegaskan bahwa memiliki premise di awal berarti menentukan arah alur dan tujuan dari cerita yang hendak dibuat. Dengan premise juga, dapat menargetkan pembaca.

    Kamu bisa mengirim komentar di kolom bawah agar aku dapat improvasi diri dan mengetahui apakah tulisanku kali ini dapat dicernah atau tidak.

    Akhir kata kuucapkan terima kasih dan selamat berkarya.
    Jangan lupa bagikan ke rekan yang lain ya.

    Semangat! Tetaplah terus menulis.

    ᕒ Alfin E. Libra
    Ⓒ EvandoTM
    Ⓡ WeWeDogom.Com