6 Pertanyaan yang Penulis Harus Jawab, Saat Menulis Urban Fantasi atau Paranormal.

www.WeWeDogom.Com -- Karya sastra atau tulisan budaya populer, akhir-akhir ini banyak dipenuhi dengan cerita yang memadukan fiksi ilmiah dan fantasi di kehidupan sehari-hari.

Hunger Games karya Suzzane Collins dan Divergent karya Jessica Roth, menjadi contohnya--dua karya ini menjadi favoritku karena telah menyajikan fantasi ilmiah dengan target pembaca remaja, bertema distopia.

Setelah kuselesaikan bacaanku itu, maka sebagai seorang penulis, wajar apabila menimbulkan motivasi, pertanyaan dan ide-ide yang pada akhirnya membuatku bertanya ..

Apa yang Membuat Novel itu Berhasil?

Dunia!

Dua novel tersebut memperkenalkan dunia yang sudah diketahui banyak orang, dengan menambahkan beberapa hal yang tak pernah dikenal orang sebelumnya.

Misalnya; menciptakan kota setelah peperangan besar menjadi sebuah kisah perjuangan dan penggambaran kehidupan yang akan datang

... atau ...

Budaya di dalam karya tulis yang dapat menghadirkan tantangannya tersendiri.

Kedua novel di atas memberikan budaya dan kehidupan yang terjadi di latar masa depan. Namun, perlu kamu ketahui, ketika kamu memperkenalkan dunia yang realistis ke dalam novelmu.

Kamu harus memutuskan, peraturan apa yang menjadi gagasan kuat oleh masyarakatnya dan mana yang bisa dilanggar atau dirusak.

Mari contohkan dua novel di atas, sekali lagi.

Di Hunger Games, anak usia 17 tahun ke atas di setiap distrik yang harus mengikuti acara tahunan Hunger Games untuk memperingati kekuatan Capitol.

Di Divergent pula, anak usia 17 tahun harus menentukan fraksi untuk dirinya; boleh memilih atau pergi dari fraksi orangtuanya.

Nah! Agar dapat menciptakan dunia fantasi atau dunia novel yang realistis dan dapat memukau pembacamu.

Sebagai penulis, berikut ada beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan kepada dirimu saat kamu hendak menjalankan tugas 'Menciptakan Dunia'.

Menciptakan Dunia pada tahap awal novel fiksi, fantasi urban, paranormal, atau cerita fiksi ilmiah di masa depan ... dapat dimulai dari pertanyaan berikut;
Baca Juga : Mengenal Novel : Sejarah, Perbedaan dan Persiapan.

Setting Dunia Manakah yang Paling Kutahu?

Lingkunganmu sendiri seringkali menjadi tempat yang baik untuk memulai.

Memilih setting karena trendi atau glamour memang menggoda, tapi tidak ada yang dapat mengalahkan rasa keaslian yang berasal dari pengalaman pribadi itu sendiri.

Bahkan! Jika kamu mengira kota tempatmu tinggal atau tumbuh besar merupakan kota paling membosankan, mungkin akan menjadi kota paling menarik bagi seseorang yang belum pernah ada di sana.

Jika demikian, kamu merupakan penulis yang lebih baik dari kebanyakan penulis lain.

Karena sudah diperlengkapi dengan menemukan hal-hal paling misterius tentang kampung halamanmu sendiri, sekarang kamu hanya perlu memperluasnya.

Lebih penting lagi,

Semua rincian kehidupan yang sangat kamu kenal bisa menjadi sangat penting untuk pembaca, mereka akan berterimakasih karena kamu membawa mereka dalam perjalanan luar biasa.

Andrea Hirata merupakan penulis yang sukses memperkenalkan tempat tinggalnya dalam bentuk karya sastra, novel itu bertajuk 'Laskar Pelangi'.
Baca Juga : Dialog : Mengenal Fungsi dan Menyisipkan Informasi.

Apa yang Tak Kuketahui Tentang Setting-ku?

Bahkan di dunia yang terus-menerus berada di bawah pengawasan smartphone dan satelit ini,

Ada banyak pertanyaan yang masih tidak terjawab, jadi inilah kesempatanmu mendapatkan jawaban terliar yang kamu bisa dapatkan.

Misalnya;

  • Darimana asal inspirasi manusia? Apakah Jin merencanakan ini?
  • Apakah alam semesta diciptakan untuk beberapa tujuan? Di mana makhluk lain selain di Bumi?
  • Apa yang membuat dua orang jatuh cinta? Mengapa orang yang memiliki kelamin yang sama dapat saling jatuh hati?
  • Apa yang terjadi setelah kematian? Apakah ini benar-benar kehidupan?

Pertanyaan-pertanyaan ini dan pertanyaan terus-menerus lainnya menimbulkan peluang.

Bahkan dalam fiksi, masyarakat terdidik bisa saja mencemo'oh penjelasan supranatural sebagai; penyakit, cuaca, atau aktivitas bintang. 

Tapi, ketika sampai pada pertanyaan hidup yang paling sulit, kamu memiliki kebebasan memberikan jawaban kreatif tanpa menghina kecerdasan pembaca.


Sumber : Pixabay


Apa Setting-ku Biasa atau Dianggap Umum?

Sementara misteri terbesar di dunia sedang menargetkan hal yang paling jelas untuk perubahan dunia.

Jangan lupa pertimbangkan beberapa pertanyaan kecil yang jarang dipertanyakan orang karena mereka mengira mereka tahu jawabannya.

Manfaatkan efek "Konspirasi Perusahaan Paling Terkemuka di Dunia" yang dipenuhi teka-teki, mengintai ke tempat yang belum diberitahu dan tidak pernah diperiksa.

Rumah di sudut desa yang penduduknya belum pernah kamu lihat. Simbol aneh di mata uang. Tempo pada lampu lalu lintas. Hasil gambar kamera yang menunjuk sesuatu padamu dan hal-hal lainnya.
Baca Juga : 5 Kiat Menentukan Teknik Menulis.

Apa yang Dispekulasikan Pembacaku?

Banyak pembaca mencoba membaca fantasi urban atau fiksi ilmiah masa depan untuk pertama kalinya karena mereka ingin memperluas imajinasi mereka.

Namun, beberapa penggemar potensial dari genre novel tersebut mungkin menjadi potensi yang paling harus dihitung, sebab mereka lah penikmatnya.

Alasan ini lah yang menjadi gagasan inovatif paling radikal, karena tidak selalu berhasil sebab mereka mungkin fokus dalam ke-epik-an dunia sekunder atau distrofi masa depan.

Meskipun tentu saja kamu menginginkan percikan yang unik milikmu sendiri, jangan takut menyalakan api dengan beberapa arketipe dan batasan usia.

Kisah dongeng kuno yang bagus, epidemi, perburuan vampir, atau penemuan penganut aliran setan; bisa saja "benar" bagi pembaca yang ragu-ragu.

Dengan cara penyampaian yang mungkin merupakan kejadian asli, yang baru saja pembacamu anggap ada. Kamu berhasil memperkenalkan dunia baru.

Memanfaatkan spekulasi pembaca, akan membuat karyamu melekat di dalam imajinasi mereka.


Konsekuensi Dunia Apa yang Masih Relevan?

Ingatlah untuk tetap berhubungan dengan hal-hal yang mendorongmu dalam kenyataan.

Kehilangan pekerjaan, kegagalan hubungan, atau krisis kesehatan masih penting bahkan jika Dajjal menyerang.

Tagihan listrik masih harus dibayar, namun tiba-tiba protagonismu harus memecahkan kode pesan dari Dewa Penatua, sang dewa kegelapan.

Ingatkan pembaca tentang kerentanan dunia, yang sebenarnya dapat meningkatkan urgensi supranatural cerita tersebut, karena ini memaksa mereka memeriksa dampaknya dengan cara yang secara pribadi sangat relevan bagi mereka.

Pastikan kehidupan nyata terus menarik lengan bajumu dan itu membuat mereka tidak bisa lagi masuk ke dalam kegelapan.

Pembacamu akan sangat menikmati itu.
Baca Juga : Kuasai Teknik Plot Twist.

Apa yang Membuat Unsur Supranatural Mengambil Alih Dunia?

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya:

... dengan cara yang sama seperti kekhawatiran. Di dalam kehidupan nyata, kamu harus membatasi kemampuan karaktermu untuk tersesat ke dalam sihir dan sains yang aneh.

Sumber : Pixabay

Ada juga, keterbatasan tentang keanehan dan kemampuan si karakter mengonsumsi semua kenyataan yang ada.


  • [-] Apakah ada sesuatu tempat yang paling berbahaya di dunia ciptaanmu?
  • [-] Apakah ada sebuah rahasia yang membuat karaktermu tidak mengambil alih dunia untuk kepentingan pribadi?
  • [-] Apakah ada makhluk astral yang takut dengan si karakter seperti masyarakat umum di lingkungan yang takut padanya?
  • [-] Apa yang memungkinkan sebagian besar karakter ceritamu menjalani kehidupan biasa padahal ada kekacauan misterius atau kegiatan ilmiah yang ada di sekitarnya?


Pastikan secara hati-hati menempatkan keterbatasan pada sihir atau teknologi yang berpotensi merajalela melalui ceritamu ... jika tidak, kamu mungkin akan sangat merasa kesulitan.
Baca Juga : Menulis Bukan Bakat! Melainkan Sebuah Keterampilan.
Nah, 6 pertanyaan di atas dapat kamu pertimbangkan untuk memperkuat ide, tema dan pemikiran di dalam karya tulis kamu.

Akhir kata sebagai penutup kuucapkan terima kasih. Bagikan artikel ini bila bermanfaat.
Semangat menulis! Tetaplah terus menulis.

Ⓒ WeWeDogom.Com

Ⓡ EvandoTM